Media Edukasi Leaflet terhadap tingkat Pengetahuan Mahasiswa tentang Makanan Sehat dan Bergizi

Authors

  • tania Politeknik Negeri Indramayu
  • Cici Andayani Politeknik Negeri Indramayu
  • Hanna Clarisa Simanjuntak Politeknik Negeri Indramayu
  • Ismi Nurfajriyah Politeknik Negeri Indramayu
  • Rhiska Ainul Zannah Politeknik Negeri Indramayu
  • Rizqiyah Triyani Politeknik Negeri Indramayu
  • Suci Nurjanah S.Kep., Ns., M.Kep7 Politeknik Negeri Indramayu

DOI:

https://doi.org/10.31884/jovas.v3i2.45

Keywords:

Kata Kunci: Edukasi melalui leaflet; Pengetahuan gizi; Makanan sehat; Mahasiswa.

Abstract

Gizi adalah ilmu yang mempelajari tentang makanan dan bagaimana hal itu memengaruhi kesehatan tubuh. Status gizi adalah keadaan tubuh yang dihasilkan dari konsumsi makanan dan zat gizi dalam jangka waktu lama. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat pengetahuan mahasiswa tentang makanan sehat dan bergizi. Metode penelitian ini terdapat populasi terdiri dari mahasiswa Politeknik Negeri Indramayu yang belajar di jurusan Teknik Mesin, Teknik Informatika, dan Teknik Pendinginan dan Tata Udara. Sampel penelitian ini berjumlah 35 mahasiswa yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Penelitian ini menggunakan desain kuesioner dengan metode eksperimen dengan soal pre-test dan post-test tertutup. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang diisi sebelum dan sesudah membaca leaflet. Dalam penelitian analisis data dilakukan menggunakan uji paired t-test. Hasil sebagian besar responden berjenis kelamin laki-laki (57,1%) dan dari jurusan Teknik Mesin (42,9%). Sebelum intervensi, hanya 5,71% siswa yang memiliki tingkat pengetahuan tinggi tentang makan sehat. Setelah intervensi, 94,27% siswa menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam pengetahuan mereka yang signifikan (p<0,001). Dalam pengujian validitas chi-square menunjukkan perbedaan yang signifikan secara statistik dengan nilai p sebesar 0,363. Kesimpulan, intervensi edukasi berbasis Leaflet efektif meningkatkan pengetahuan mahasiswa tentang makanan sehat dan bergizi. Informasi yang diberikan melalui leaflet dapat menjadi alat yang efektif untuk meningkatkan kesadaran dan kebiasaan makan sehat bagi pelajar untuk hidup sehat.

Nutrition is the study of food and how it affects the health of the body. Nutritional status is the state of the body that results from the consumption of food and nutrients over a long period of time. The purpose of this study was to determine the level of knowledge of students about healthy and nutritious food. This research method has a population consisting of Indramayu State Polytechnic students studying in the Mechanical Engineering, Informatics Engineering, and Refrigeration and Air Conditioning Engineering departments. The sample of this study amounted to 35 students selected using purposive sampling technique. This study uses a questionnaire design with an experimental method with closed pre-test and post-test questions. Data were collected through questionnaires filled out before and after reading the leaflet. In the study, data analysis was carried out using paired t-test. The results of most respondents were male (57.1%) and from Mechanical Engineering majors (42.9%). Before the intervention, only 5.71% of students had a high level of knowledge about healthy eating. After the intervention, 94.27% of students showed a significant increase in their knowledge which was significant (p<0.001). The chi-square validity test showed a statistically significant difference with a p value of 0.363. In conclusion, Leaflet-based educational interventions are effective in improving students' knowledge about healthy and nutritious food. Information provided through leaflets can be an effective tool to increase awareness and healthy eating habits for students to live a healthy life.
Keywords: Leaflet education; Nutrition knowledge; Healthy food; College students.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

31-12-2024